Terapiaroma juga bisa berfungsi untuk mengalihkan perhatian seseorang yang sedang pikiran negatif, misalnya kita tenggelam dalam kesedihan berkepanjangan akibat meninggalnya seorang yang dicintai atau kena musibah. Dengan terapiaroma fokus perhatian negatif bisa dialihkari ke hal-hal yang lebih positif. Untuk ini aroma mawar dan melati dapat membawa kegembiraan atau kenangan masa silam yang manis. Sedangkan wangi cendana dan kayu cedar akan mengurangi kebingungan dan perasaan-perasaan lain yang membuat gundah. Lavabre merekomendasikan 4 tetes mawar, 5 tetes bunga jeruk dalam 12 g jojoba, usapkan di seputar daerah jantung.
Nafsu amarah yang terpendam dan menumpuk di dalam dada sering kali menjadi amat berbahaya kalau suatu saat meledak. Nah, sebelum ini terjadi, ada baiknya kalau Anda coba menenteramkannya dengan terapiaroma. Campurkan 2 tetes minyak murni chamomile, 5 tetes masing-masing bunga jeruk dan marjoram ke dalam 12 g minyak jojoba. Ramuan ini bisa dihirup dan dinikmati. Tapi bila Anda memilih melakukannya dengan massage, gunakan 3 tetes bunga jeruk,
2 tetes chamomile dan masing-masing 5 tetes marjoram dan lavender yang diaduk dalam 25 gram minyak badam manis.
Kegagalan demi kegagalan kadang menyeret kita dalam kekecewaan yang pada gilirannya berakibat kurang percaya diri. Tapi pernahkah terpikirkan untuk minta tolong aroma mawar dan melati sebagai pelipur lara? Menurut para ahli, terapi aroma dapat membantu melegakan rasa kecewa itu.
Aroma bunga nilam, marjoram, dan legetan dapat meningkatkan atau membangun kembali kepercayaan dan harga diri itu. Dengan bantuan aroma ini, kita akan dapat lebih memfokuskan perhatian pada kelebihan, bukan pada kekurangan diri. Dengan menghirup aroma-aroma itu, kita akan diingatkan tentang banyak hal positif. Bahwa hidup kita sebenarnya tidaklah terlalu jelek. Bahwa suatu saat kondisi kita akan membaik.
Singkat kata, terapiaroma dapat melemahkan pukulan-pukulan psikologis dan serangan emosional yang sering harus kita rasakan dalam hidup. Para penganut terapiaroma mengajak kita memanfaatkan obat antistres asli dari alam! Sayang, tidak semua produk perawatan kulit mengandung minyak murni dan bermutu tinggi, atau memuat kandungan yang memadai untuk bisa dirasakan manfaatnya. Kita dianjurkan untuk mencari produk yang dapat diandalkan.
v Menggali Minat Pembeli
Manfaat aroma tak hanya untuk terapi. Buktinya, sejumlah pasar swalayan atau toserba di Eropa ataupun Amerika memanfaatkan terapi sejenis untuk mempengamhi perilaku pembeli. Bahkan kalangan pengusaha rela mengucurkan dana sampai jutaan poundsterling untuk diinvestasikan pada perangkat teknik dagang yang canggih dan inovatif guna mempengaruhi perilaku pembeli yang pada akhirnya diharapkan mendongkrak omzet penjualan.
"Kenaikan nilai penjualan sekarang ini bukan karena pembangunan toko-toko baru, melainkan lebih karena perbaikan teknik berdagang," begitu kata Richard Hyman, pimpinan sebuah perusahaan analis usaha eceran. Teknik dagang yang mereka pilih menggunakan cara-cara halus. Untuk menarik pengunjung datang, misalnya, digunakan teknik aroma marketing. Jadi, udara dalam ruang toko diberi aroma tertentu yang diembuskan lewat saluran lubang AC. Lebih dari 100 toko di Inggris, dari toko buku hingga pom bensin dan pasar swalayan menggunakan teknik ini. Bebauan itu bisa macam-macam, dari yang menggairahkan sampai aroma sentimental seperti bau bayi habis mandi. Pemakaiannya tergantung situasi dan tujuannya.
Selama bulan Desember, aroma puding Natal dan brendi merebak di udara sejumlah toko non-makanan. Lalu ketik masa Paskah tiba, di beberapa toko tercium bau coklat lezat yang tajam menusuk hidung. Sebuah kafetaria di Irlandia kini tengah mencoba memperkenalkan aroma wangi kopi pada beberapa cabangnya untuk memancing minat calon pelanggan.
Bau-bauan keluaran perusahaan Marketing Aromatics di London dirancang untuk bekerja pada tiga tingkatan. Pertama, membuat pengunjung rileks. Kedua, membangkitkan kenangan seperti halnya pemakaian minyak kelapa oleh agen-agen perjalanan untuk menciptakan suasana liburan musim panas. Lalu ketiga, memupuk kesetiaan pelanggan, misalnya dengan menciptakan aroma khas untuk menunjukkan identitas perusahaan itu.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar