Peraturan buat New Comer
Untuk Anda yang baru saja memasuki lingkungan dan tempat kerja baru, ada beberapa peraturan tak resmi yang harus Anda patuhi. Selain agar bisa diterima di lingkungan baru tersebut, juga memudahkan Anda beradaptasi.
Sebagai orang baru, Anda harus berusaha beradaptasi dengan lingkungan baru dan mencari banyak kenalan. Untuk sekadar mengingatkan, dalam suatu perusahaan ada beragam jenis kepribadian. Dan biasanya orang-orang lama akan lebih menuntut Anda untuk bisa menyesuaikan diri dan membawa diri.
v Kebiasaan Lama
Selain dengan para karyawan atau orang lama, Anda juga dituntut untuk bisa beradaptasi dengan ke-biasaan dan budaya kerja di sana.
"Kebiasaan di tempat kerja satu dengan yang lain pasti berbeda. Sebagai orang baru kita harus bisa mempelajari itu," ujar Niken Titi Pratitis SPsi, MSi, Psikolog dari Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 Surabaya ini.
Selain itu, jangan sampai Anda melakukan hal yang dapat menyinggung orang lama. Seperti bersikap terlalu menggurui atau lebih pandai. Untuk penyampaian ide pun Anda juga harus tahu kapan dan di mana tempatnya. Komunikasikan ide tersebut dengan sangat tepat, sopan dan dikemas secara baik. Jangan sampai orang-orang lama di sekeliling Anda merasa tersingkir karena kehadiran Anda.
Kesan Pertama agar Diterima
v Berusaha Melebur
Sebagai karyawan baru, perbanyaklah bergaul dan berusaha melebur ke setiap bagian. Tidak hanya dengan orang-orang pada departemen Anda saja, tapi pada semua bagian perusahaan.
Jika Anda diminta untuk menyampaikan dokumen ke bagian lain, jangan hanya asal memberikan lalu langsung pergi. Gunakan kesempatan itu untuk berbagi cerita dan ngobrol. Mungkin hal ini sepele, tapi untuk menjalin hubungan baik, kadang obrolan kecil bisa sangat berharga.
v Jika Dimusuhi
Dalam lingkungan baru, Anda tidak dapat mengharapkan semua orang suka pada Anda. Jika ada salah satu yang tidak menyukai, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Namun, jangan sampai pikiran Anda terkuras hanya untuk memikirkan orang yang iri pada Anda. Biarkan saja ia menganggap Anda negatif. Tapi Anda juga tidak boleh balik memusuhi dia.
Selain itu, Anda juga harus bisa bersikap profesional. Kalau secara pribadi Anda merasa tidak suka dengan orang tersebut, dalam urusan pekerjaan Anda harus bisa bekerja sama dengan baik.
Agar bisa diterima di tempat baru, tak ada salahnya anda memberikan kesan pertama yang baik. Caranya:
• Kenalkan Diri
Aktiflah mengenalkan diri Anda, jangan hanya menunggu. Bila Anda malu atau tidak ingin dicap terlalu agresif, mintalah bantuan pada ternan sekantor yang sudah Anda kenal untuk mengenalkan Anda ke teman yang lain.
• Ramah
Jagalah agar selalu bersikap ramah untuk membangun kesan positif sebagai karyawan baru. Tidak mau kan dicap sombong ataupun judes?
• Penampilan
Mungkin ada orang yang bilang bahwa jangan menilai buku dari sampul, tampaknya ini tidak terlalu tepat untuk seorang karyawan baru. Perhatikan penampilan Anda. Kenakan pakaian yang sopan, nyaman dan sesuai dengan karakteristik lingkungan kerja Anda.
• Sok akrab? No!
Hati-hati dengan omongan dan sikap. Terlalu banyak bicara juga akan menyebabkan Anda terkesan sok akrab. Akrab itu bagus, tapi jangan sampai jadi sok akrab.
• Aktif dan Inisiatif
Karena Anda masih baru, pasti ada beberapa hal yang belum dimengerti. Jadi jangan ragu untuk bertanya, hanya saja jangan sampai mengesankan Anda tidak tahu apa-apa sama sekali.
• Lunch Time!
Ini waktunya untuk melebur dalam suasana lebih santai. Untuk etiketnya, tunggulah sampai rekan kerja Anda mengajak makan siang bersama. Tapi jika ajakan tidak kunjung datang, mintalah izin untuk bergabung dengan mengawalinya berbasa-basi menanya-kan tempat makan sekitar kantor.
• Selesaikan Tugas
Untuk memberikan kesan yang baik, salah satunya juga adalah selesaikan tugas-tugas Anda dengan baik, tepat waktu dan sesuai target. Ini adalah pembuktian bahwa perusahaan tidak salah pilih karena performa kerja Anda bagus. Selain itu, Anda pun tidak akan dipandang sebelah mata.
Minggu, 29 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar