Sabtu, 28 November 2009

Bisul Jangan Dipencet

v Jangan Dipencet
Seringkali bisul dibiarkan saja, tak segera diobati. Tunggu sampai istilahnya "matang". Padahal, justru sebetulnya kalau bisa bisul jangan sampai bernanah. Kalau sampai bernanah, akan menimbul-kan kerusakan jaringan yang lebih parah.
Jika bisul hanya satu atau beberapa dan masih kecil di permukaan biasanya bisa disembuhkan dengan salep antibiotik. Obat-obatan semacam salep ini sangat di-anjurkan untuk kulit karena dibuat dengan daya serap yang cukup efektif terhadap kulit.
Tapi, jika sudah membesar, agak dalam dan banyak, anak perlu diberi obat antibiotik yang diminumkan juga. Bila bisul muncul di daerah segitiga pada wajah yang berhubungan langsung pada saraf-saraf otak, maka penanganannya tidak hanya dengan salep antibiotik saja tapi harus dengan pengobatan yang lebih lanjut.
Bila sudah terjadi abses, sebaiknya nanahnya dikeluarkan. Biasanya dokter akan menginsisi/mengiris dengan pisau tajam sehingga penyembuhannya akan lebih sempurna.
Bila pecah sendiri akan menimbulkan kerusakan kulit dan akan berbekas. Begitu pula bila dipaksa dikeluarkan, misalnya dengan dipencet, penyembuhannya akan menimbulkan bekas yang tak sedap dipandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar